BTN Indonesia Fashion Week 2025 Sukses Digelar
INFO NASIONAL – PT Bank Tabungan Negara (Persero) Tbk (BTN) bersama Asosiasi Perancang Pengusaha Mode Indonesia (APPM) sukses menggelar ajang BTN Indonesia Fashion Week (IFW) 2025 di Jakarta Convention Center (JCC) Senayan, 28 Mei hingga 1 Juni 2025.
Direktur Utama BTN, Nixon LP Napitupulu mengatakan, kegiatan ini digelar karena industri fesyen memiliki multiplier effect terhadap ratusan usaha mikro, kecil dan menengah (UMKM) sehingga menjadi salah satu kekuatan ekonomi negeri. Selain itu, BTN IFW 2025 juga menjadi wadah memperkenalkan Bale by BTN kepada nasabah.
“Kami berharap dengan menghadiri IFW 2025 ini, nasabah dapat menikmati pengalaman berbeda dalam menikmati karya-karya terbaik para desainer ternama Indonesia, serta nasabah BTN Prioritas yang hadir juga akan mendapatkan penawaran spesial untuk transaksi pembelian brand fesyen dari berbagai desainer yang ikut di event ini,” ujar Nixon pada penutupan BTN IFW 2025, pada Ahad, 1 Juni 2025.
Menurut Nixon, kehadiran BTN dalam IFW 2025 menunjukkan bahwa perseroan tidak hanya fokus pada pembiayaan perumahan, tetapi juga aktif mendukung ekosistem transaksi digital bagi pelaku usaha, khususnya di industri kreatif dan gaya hidup.
“BTN siap menjadi mitra finansial bagi para pelaku fesyen Indonesia, mulai dari permodalan, pengembangan usaha, hingga solusi perbankan lainnya yang relevan dengan kebutuhan industri ini,” jelas Nixon.
Adapun sejumlah program dan promo menarik selama lima hari penyelenggaraan BTN IFW 2025, telah ditawarkan BTN di antaranya diskon hingga 30 persen dengan Bale by BTN dan Kartu Debit BTN untuk pembelanjaan produk fesyen dan food and beverages. Dengan penawaran tersebut, transaksi yang berhasil dilakukan mencapai lebih dari Rp4 miliar. Meningkat 50 persen dibanding IFW 2024, dengan Bale by BTN menyumbang sekitar 63 persen dari total transaksi tersebut.
Lebih lanjut, kata Nixon, BTN melihat potensi besar pengembangan transaksi digital terkait fesyen selain kebutuhan gaya hidup lainnya yang tersedia di Bale by BTN, seperti pemesanan tiket, daily cleaning, dan layanan wellness. Salah satu inisiatif BTN adalah integrasi dengan merchant fesyen yang tergabung dalam MAP Club, yang memungkinkan nasabah untuk mendapatkan akses eksklusif ke berbagai produk dan promo fesyen dari MAP Group melalui Bale by BTN.
Tidak hanya itu, selain menawarkan fitur lifestyle, Bale by BTN juga telah menyediakan fitur investasi untuk para penggunanya seperti pembelian reksadana dan asuransi untuk kebutuhan di masa depan hanya melalui 1 aplikasi yang mudah dan nyaman yaitu Bale by BTN.
“Dengan integrasi ini, nasabah bisa lebih mudah menikmati berbagai penawaran fesyen favorit mereka langsung dari aplikasi, sehingga mendorong transaksi digital yang lebih luas. Kami berrharap pertumbuhan di segmen gaya hidup dapat mendorong peningkatan jumlah pengguna Bale by BTN yang ditargetkan dapat mencapai sekitar 3,6 juta hingga 4 juta pada tahun 2025,” tuturnya.
Selama kuartal I 2025, jumlah user Bale by BTN telah mencapai 2,4 juta, melonjak 76 persen year on year (yoy) dari periode yang sama tahun 2024. Nilai transaksi di Bale by BTN selama tiga bulan pertama tahun ini tercatat mencapai Rp22,3 triliun dengan jumlah transaksi sebanyak 492 juta.
Apresiasi Nasabah BTN Prioritas
Dihadiri oleh 200 desainer dan 200 tenant dari seluruh Indonesia, BTN IFW 2025 turut menjadi ajang apresiasi BTN terhadap para nasabah BTN Prioritas yang jumlahnya telah mencapai 34 ribu lebih hingga April 2025.
Nixon menjelaskan, dana pihak ketiga (DPK) yang bersumber dari nasabah BTN Prioritas telah menyumbang lebih dari Rp35 triliun atau hampir 55 persen terhadap total DPK BTN. Fund Under Management (FUM) yang merupakan total dana kelolaan nasabah yang berasal dari produk Banking dan Wealth mencapai Rp58,3 triliun di April 2025 atau meningkat sebesar 12 persen yoy dari tahun lalu sebesar Rp51,9 triliun.
Sementara itu, terdapat peningkatan dana kelolaan Nasabah di product Wealth lebih dari 20 persen di April 2025 dari posisi tahun lalu.
Melalui BTN IFW 2025, BTN melalui BTN Prioritas akan membidik ekosistem industri fesyen melalui kolaborasi dengan APPMI yang beranggotakan ratusan designer terkemuka Indonesia. Setelah penyelenggaraan ini, BTN dan APPMI berikut mitra-mitra strategisnya akan terus meningkatkan kolaborasi positif untuk membentuk ekosistem yang kuat dengan solusi produk dan layanan dari BTN.
Sejumlah keuntungan dapat dinikmati oleh nasabah Prioritas melalui loyalty platform PLUS by BTN Prioritas yang juga tersedia di aplikasi Bale by BTN. Nixon mengatakan, PLUS by BTN Prioritas telah beberapa kali mendapatkan penghargaan bergengsi baik dari dalam maupun luar negeri sebagai loyalty platform pertama di segmen priority banking.
“Kami mengucapkan terima kasih kepada para nasabah yang telah menjadikan BTN Prioritas sebagai mitra perbankan terpercaya dan penyedia solusi finansial menyeluruh yang hadir dengan berbagai program dan produk simpanan, investasi, dan proteksi, serta benefit and privilege khusus untuk melengkapi kebutuhan nasabah BTN Prioritas dalam setiap aspek kehidupan.” (*)
Recent Comments